Latihan Pemprograman Dasar C++ Part3 (IF ELSE)

Latihan pemprograman dasar c++ IF ELSE.
Nah kalian sudah menunggu-nunggu part3?, Eits tenang aja gan sudah ada nih, saya sempet-sempetin aja nulis ini hehe sorry agak jelek bahasanya. Pada postingan sebelumnya membahas mengenai cara menjalankan aplikasi berbasis console dan juga membuatnya dengan menggunakan source code standar bahasa pemprograman C++ dengan logika IF, berkikut linknya https://www.fizdev.com/2018/04/latihan-pemprograman-dasar-c-part-2-if.html. Nah sebelumnya kalian tahu tidak apa itu C++?. Jika belum tahu kalian bisa membuka link berikut yaitu Pembahasan Bahasa Pemprograman (C++).


Pembahasan logika yang pertama adalah logika IF ELSE, dari bahasa pemprograman dasar C++. Kalian tahu apa itu IF ELSE ?. IF dalam Bahasa Indonesia berarti jika, sedangkan ELSE berarti bukan atau selain. Nah mungkin kalian bisa memahaminya sendiri, sekarang kan sudah era teknologi yang canggih. Internet bisa diakses di hp kalian, jadi untuk lebih memahami logika IF ELSE, kalian harus benar-benar mencari informasi dari internet. Jika ingin membuka pengertian apa itu logika IF ELSE dari bahasa pemprograman dasar C++.

Nah tanpa basa-basi lagii saya akan memberikan sedikit tutorial mengenai logika IF ELSE dari bahasa pemprograman dasar C++. Langsung kalian siapkan bahan-bahan dan simak tutorialnya.

Bahan-bahan :
1. RAD Studio exe3.// Wajib
2. Laptop/PC. // Wajib kudu harus
3. Coffee/Tea. // Untuk menghilangkan stress
Tutorial :
1. Pertama pastikan kalian sudah mendownload aplikasi RAD Studio exe3. Lalu setelah sudah didownload kalian instal aplikasinya dan jalankan.


2. Setelah sudah dijalankan, maka klik new file.





3. Lalu pilih console application, jangan lupa bahasa pemprogramannya C++.





4. Setelah sudah, mulai untuk mengoding source codenya. Source code dari saya adalah contoh, jadi jika kalian ingin mempelajari contoh yang lain kalian harus berinovasi. klik dua kali di bagian atas source code untuk mengcopy.


 #include <stdio.h>  
 #include <conio.h>  
 //---------------------------------------------------------------------------  
 #pragma argsused  
 intmain(int argc, char* argv[])  
 {  
 int x;  
 printf("Masukkan sebuah bilangan = ");scanf("%d",&x);  
 if(x%2=0)  
 {  
 printf("%x adalah bilangan genap",x);  
 }  
 else  
 {  
 printf("%x adalah bilangan ganjil",x);  
 }  
 getch();  
 return 0;  
 }  
 //---------------------------------------------------------------------------  

5. Setelah selesai, jalankan aplikasinya dengan menekan tombol "F9" atau klik button ini.





6. Selesai!.



Itulah contoh logika IF ELSE dari bahasa pemprograman dasar C++. Nah kalian ingin paham arti dan maksud dari source code tersebut. Mungkin kalian bisa mehaminya dengan otak kalian. Jika ingin lebih tahu kalian bisa mencari berbagai informasi di internet mengenai logika IF  ELSE ini. Nah pesan dari saya sering-sering untuk belajar supaya tidak lupa dan selalu paham dengan bahasa pemprograman  ini.

Part3
Jika kalian ingin lanjut ke part 4, kalian bisa membuka link berikut.


------------



Demikian dari saya, kurang lebihnya mohon maaf. Terimakasih telah berkunjung.



Jika lebih lanjut lagi di sini ada list artikel mengenai beberapa part dari latihan pemprograman dasar C++.



Terimakasih.

No comments